Diagram Penting UML

  1. Sistem. Sistem menjadi batas seberapaa jauh lingkup yang akan di gambarkan pada relasi antar aktor, baik aktor di luar sistem maupun dari sistem itu sendiri (fitur-fitur)
  2. Aktor. Aktor adalah segala hal yang berada ddiluar sistem, bisa berupa user maupun pihak lainnya yang mepunyai keterkaitan antara sistem.
  3. Use Case. Use case disini merupakan gambaran fungsional dari sebuah sistem. Sehingga dapat terjadi pemahaman mengenai ssitem yang akan dibangun.
  1. Association. Association merupakan teknik pengidentifikasian interaksi yang dilakukan oleh aktor tertentu dengan use case tertentu, yang digambrkan dengan garis relasi antara aktor kepada use case tersebut.
  2. Generalization. Merupakan pendefinisian relasi antara dua aktor atau dua use case yang salah satunya meng-inherit dan menambhakan atau override sifat dari yang lainnya.
  3. Dependency. Terbagi menjadi 2 macam, yakni include dan extended. Include berfungsi untuk mengidentifikasi hubugan antara dua 2 use case, dimana use case yang satu akan memanggil use case yang lainnya. Sementara Extended merupakan apabila adanya kondisi tertentu saat pemanggilan pada dependensi.
  1. Mengkomunikasikan kebutuhan (requirement) kepada tim teknis karena diagram ini dapat lebih mudah untuk dipahami dan dijadikan sebagai dasar pembuatan sistem secara teknis.
  2. Merupakan diagram yang sangat cocok untuk pengembangan model deskripsi use case menjadi spesifikasi desain
  3. Terdapat desain dan analisis, yang dapat lebih memfokuskan pada indentifikasi metode didalam sistem. Biasanya diagram inidigunakan untuk memodelkan deskripsi tentang sistem yang berada pada sebuah atau beberapa use case diagram yang menggambarkan hubungan antara aktor dan use case diagram. Serta juga dapat memodelkan Logika dari suatu method, seperti Operaion, Function atau Prosedure, Logika dari service high service (High level Method).
  1. Aktor, merepresantasikan entitas diluar sistem yang akan berinteraksi dengan sistem. Aktor ini dapat berupa manusia, benda (device, hardware) atau entitas lainnya.
  2. Lifeline, berfungsi untuk mengeksekusi objek selama sequence ( pesan dikirim atau diterima, serta pada aktivasinya)
  3. General, berfungsi merepresentasikan entita tunggal dalam sequence diagram. Di komponen ini memliki nama, stereotype atau dapat berupa instance (class)
  4. Boundary, berupa tepi sisetm, seperti user interface atau suatu alat yang berinteraksi dengan sistem lain.
  5. Control, berfungsi mengatur aliran informasi untuk sebuah skenario, bagian ini umumnya mengaru perilaku tenksi dan perilaku bisnis.
  6. Entity, merupakan elemen yang bertanggung jawab untuk menyimpan data atau informasi. Elemen ini dapat berupa beans atau model Object
  7. Activation, yaitu titik dimana sebuah objek mulai berpartisipasi didalam sebuag sequence yang menunjukan kapan sebuah objek mengirim atau menerima objek
  8. Message, yakni berfungsi sebagi komunikasi antar objek yang dapat menggambarkan aksi yang akan dilakukan pada sistem. Message terjadi dikarenakan adanya komunikasi client meminta kepada supplier untuk melakukan suatu perintah.
  9. Message Entry, bagian ini berfungsi untuk menggambarkan pesan/hubungan antar objek yang menunjukan urutan atau alur kejadian yang terjadi
  10. Message to Self, bagian ini menggambarkan pesan/hubungan objek itu sendiri, yang menunjukan urutan kejadian yang sedang terjadi.
  11. Message return, bagian ini menggambarkan hasil dari pengiriman message.
  1. Dimensi vertikal yang merepresentasikan waktu
  2. Dimensi horizontal yang merepresentasikan objek-objek yang terkait

--

--

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store